Wednesday, September 17, 2008

Fasilitas-Fasilitas di Internet :

Agar kita dapat memanfaatkan berbagai sumber daya di internet, maka kita harus mengetahui berbagai sumber daya yang ada di internet tersebut. Ada banyak fasilitas di dalam internet yang dapat kita manfaatkan secara mudah dan gratis.
Fasilitas internet tersebut adalah :
1. WWW (World Wide Web atau jaringan seluas dunia)
Server WWW ini menyediakan berbagai informasi untuk kita mulai dari games, sosial, ekonomi, politik, kebudayaan dan lain-lain. WWW atau biasa disebut dengan Web begitu saja, adalah server internet yang saat ini sangat berkembang pesat.
Contoh : http://www.microsoft.com
http:// adalah protocol (bahasa komunikasi) yang digunakan.
www adalah server yang menyediakan informasi
microsoft adalah nama perusahaan
com adalah jenis domain dari perusahaan microsoft tersebut.

2. FTP (File Transfer Protocol)
Server ini menyediakan berbagai file yang dapat kita ambil (download) secara gratis. Dengan memanfaatkan server ini kita dapat mengambil file-file film, video, games dan lain-lain dari internet secara gratis.
Contoh : ftp://ftp.ibm.com
ftp:// adalah protocol yang digunakan untuk mentransfer file (untuk server ftp gunakan protokol ftp://)
ftp adalah server di mana informasi/file tersebut berada
microsoft adalah perusahaan yang menyediakan informasi
com adalah domain/jenis dari perusahaan microsoft.

3. GOPHER
Server gopher menyediakan berbagai informasi dari berbagai perguruan tinggi di dunia. Jadi dengan server gopher Anda dapat secara cepat mengunjungi perguruan tinggi yang Anda minati.
Contoh : gopher://gopher.mit.edu
gopher:// adalah protocol yang digunakan (untuk server gopher gunakan protokol gopher://)
gopher adalah server gopher
mit adalah nama perguruan Massacushet Institute Technology
edu adalah jenis dari mit, yaitu education/lembaga pendidikan.

4. NEWS (News Group/UseNet)
Protokol news digunakan untuk melakukan diskusi antar pemakai internet di seluruh dunia. News Group dikelompokkan dalam group-group tertentu menurut topiknya. Kelompok-kelompok tersebut antara lain :
- soc = kelompok diskusi tentang hal-hal yang bersifat sosial
- sci = kelompok diskusi tentang sain /ilmu pengetahuan
- reg = kelompok diskusi tentang keagamaan/religi
- agr = kelompok diskusi untuk bidang pertanian
- comp = kelompok diskusi tentang berbagai hal mengenai komputer
- alt = kelompok diskusi untuk berbagai bidang/ biasanya untuk percobaan.
- dan lain-lain
Perlu diingat setiap orang hanya boleh berdiskusi dikelompok yang sudah ditetapkan. Misalnya berbicara tentang pertanian, hanya boleh dikelompok pertanian. Topik-topik yang dibicarakan juga harus topik yang ilmiah.
Contoh cara penulisannya adalah : news:rec.arts.books
news: adalah protokol yang digunakan
rec adalah kelompok rekreasi/hiburan
arts adalah sub kelompok kesenian
books adalah sub kelompok buku-buku
Jadi kelompok diskusi di atas adalah news group untuk membicarakan tentang buku-buku kesenian yang termasuk dalam group rekreasi.

5. TELNET (Komputer jarak jauh)
Protokol telnet digunakan untuk mengakses suatu komputer yang terhubung ke internet dari jarak jauh. Dengan telnet kita bisa membuka suatu komputer yang berada di wilayah lain seakan-akan kita berada di depan komputer itu. Untuk menggunakan telnet kita harus tahu password yang digunakan oleh komputer yang akan kita buka tersebut. Contoh penulisan telnet adalah : telnet:cybernet.co.id.lab6
telnet adalah protokol yang digunakan
cybernet.co.id adalah jaringan tempat berada komputer yang akan kita buka
lab6 adalah komputer yang akan dibuka dari jarak jauh.

6. EMAIL (Electronik Mail)
Jasa yang tersedia di internet yang sangat bermanfaat dan sudah dikenal luas adalah email (surat elektronik). Dengan email kita bisa mengirimkan/menerima surat darimanapun, kemanapun dan kapanpun. Dan canggihnya semua dalam waktu yang sangat singkat dan tanpa biaya. Kita bisa mengirim surat ke Amerika dan menerima balasannya hanya dalam waktu beberapa menit. Bandingkan dengan pengiriman surat secara konvensional (kantor pos). Sebelum kita dapat menerima dan mengirim email, maka kita harus memiliki email-account dulu. Kita bisa mendapatkan keanggotan email secara gratis ke berbagai perusahaan yang menyediakan jasa email. Contoh email gratis adalah : Mailcity, Eudoramail, Hotmail, Bimamail, dan masih banyak lagi. Contoh alamat email (Email address) adalah : w.danu@mailcity.com. W.danu adalah nama user, @ artinya terdapat 'di', sedangkan mailcity.com adalah perusahaan yang menyediakan email gratis.

7. CHATTING (Obrolan via internet)
Chatting digunakan untuk "ngobrol-ngobrol" antar pemakai internet yang saat itu konek ke internet dan "berbicara" pada saluran yang sama. Berbeda dengan news group, dengan chatting kita bisa ngobrol tentang apa saja, bahkan membicarakan hal-hal yang tidak ada artinyapun boleh. Perlu diingat, dalam hal mengobrol ini, informasi yang ada tidak bisa dipercaya.
Untuk dapat melakukan chatting, kita memerlukan suatu program/software yang saat ini tersedia bermacam-macam software di pasaran. Yang paling umum digunakan adalah mIRC (Internet Relay Chat - Obrolan Via Internet).
Di samping fasilitas-fasilitas internet yang telah disebutkan di atas, masih terdapat fasilitas-fasilitas yang lain, misalnya yang saat ini sedang berkembang adalah fasilitas melakukan pembicaraan telepon melalui internet dengan pulsa lokal. Jadi meskipun kita melakukan pembicaraan SLI/SLJJ, kita hanya membayar pulsa lokal. Tentuk saja untuk ini diperlukan tambahan peralatan selain yang diperlukan untuk koneksi ke internet.

0 comments:

tentang komputer © 2008 Por *Templates para Você*