Wednesday, September 17, 2008

Content is The King, Hal-Hal Terpenting Membangun Kerajaan Promosi di Internet

Bagi penggila SEO alias Search Engine Optimization sudah bukan rahasia lagi bahwa SEO merupakan suatu jalan untuk membuat situs kita menjadi lebih terkenal dan lebih mempunyai harga diri, menurut saya ada beberapa hal terpenting dalam hal melakukan promosi yang jelas akan berhubungan dengan SEO, di sini saya akan coba mengulasnya
Banyak artikel yang ditulis baik dalam bahasa Inggris maupun Indonesia dan bahasa lainnya yang mengatakan "Content is The King", yap saya setuju atas pernyatan ini, tapi dengan adanya artikel-artikel seperti itulah akhirnya saya mencoba mencari lagi "Orang Dalam Istana" dan menjabarkannya seperti berikut :
1. King (Raja) = Content (Isi Tulisan)
Ini benar adanya, dan teknik utama SEO adalah ISI TULISAN YANG PADAT, dibutuhkan dan disukai oleh orang lain, tulisan-tulisan yang ada pada situs saya di puthzel.com merupakan "Raja" bagi saya karena search engine akan memonitor artikel-artikel apalagi yang terupdate di website saya.
2. Queen (Ratu) = Visitors (Para Pengunjung)
Sebagus apapun situs kita, sehebat apapun fasilitas yang ada di dalamnya AKAN SANGAT PERCUMA kalau tidak ada yang mengunjungi situs kita, xixixixi. Oh iya saya menulis visitors (menggunakan huruf 's') yang dalam bentuk jamak artinya para pengunjung, yap karena bukankah kita mengharapkan kunjungan lebih dari satu orang bahkan lebih dari satu negara bukan...
3. Prime Minister (Perdana Menteri)  = Personal (Pribadi Kita Masing-Masing)
Yap, bukan karena nama asli saya Putra Perdhana, sehingga saya menempatkan posisi ini pada diri kita masing-masing, tapi memang dalam suatu kerajaan orang yang menjalani pemerintahan adalah sang PM, contoh saja negara England, Malaysia, dsb. Nah di sini PM adalah orang yang menjalani promosi yaitu kita sendiri sebagai promotor.
4. Prince (Pangeran) = Facitilies (Fasilitas)
Website yang banyak dicari oleh umat manusia di muka bumi ini (jah bahasane dah mulai berat nie..) adalah website yang memiliki fasilitas dan kemudahan, dan terlebih lagi yang gratis. Coba saja lihat beberapa situs semacam ini contohnya Google.com, Yahoo.com, Detik.com memberikan banyak hal yang gratis untuk dinikmati oleh para netter di dunia.
5. Princess (Putri) = Design (Desain)
Website yang tertata rapi dan sederhana LEBIH banyak dikunjungi oleh netter, terutama website-website yang memiliki akses yang cepat ketika diakses oleh para pengunjung situs tersebut, maka itu website-website beraliran FLASH kurang baik untuk berkompetisi dalam SEO, karena selain menghabiskan bandwidth para pengunjung (terutama yang menggunakan akses internet dengan batas bandwidth tertentu) website-website beraliran flash membuat loading lebih lama, sehingga bagi kebanyakan orang yang malas untuk menunggu akan "kesel" duluan pada website tersebut, kecuali website tersebut di desain untuk fokus dalam bidang desain dan bukan difokuskan dalam bidang informasi.
6. Armies (Para Prajurit) = Back Links (Penghubung-Penghubung)
Mempunyai back link (apalagi banyak) merupakan harapan para pecinta teknik SEO, sebenarnya sangat mudah untuk menciptakan back link yang ditujukan kepada situs kita, misalnya situs saya puthzel.com juga melakukan teknik ini. Caranya dapat ikut serta dalam forum, menggunakan signature pada forum, mengisi buku tamu situs lain, memasang iklan di situs-situs iklan baris), tidak lupa juga untuk mendaftarkan situs kita ke search engine yang ada di dunia (inget loh ini bisa menggunakan software) dsb, dan yang penting usahakan bagaimana pun caranya (yang wajar tentunya) agar netter lain melihat links situs kita dan mengunjunginya. Saya menyebutkan dengan sebutan sebutan para prajurit karena memang cara promosi ini merupakan cara promosi yang mudah untuk menghasilkan link, bahkan kalau dipikir-pikir dalam 1 hari saja kita bisa menciptkan LEBIH dari 100 back link yang menuju ke situs kita... .Eiiiiiiiiiiiitttt......!! Hati-hati jangan terlalu bernafsu menciptakan back link karena ini termasuk Black SEO karena dianggap SPAM dan bisa-bisa situs kita malah di-banned oleh Search Engine alias dikeluarkan dari pencarian Search Enginenya, weh...
Nah dari 6 hal di atas semuanya adalah penting dan memang saya sengaja untuk mengurutkannya demikian, coba dech kerjakan dari nomor 1 hingga 6.. step by step, maka Insya Allah situs kita menduduki peringkat yang baik bahkan terbaik di search engine terkenal di internet.
Oh iya, tulisan ini akan ada kelanjutannya loh, yap masih banyak hal-hal penting lainnya yang dibutuhkan untuk menciptakan "Kerajaan Promosi" di internet, namun untuk saat ini sampai sini dulu yach...

0 comments:

tentang komputer © 2008 Por *Templates para Você*